Rabu, 27 Januari 2010

e-commerce dan e-busines

sering kita mendengar istilah e-commerce dan e- business,namun tau kah kita apa perbedaan dari ke duanya??jika memang keduanya sama mengapa tidak di gunakan istilah e-commerce/e-business?tapi keduanya di bedakan.

Pengertian
e-commerce
e-commerce adalah kegiatan jual beli yang dilakukan menggunakan internet
contohnya :
e- business
e-business adalah kegiatan menjalin hubungan dengan konsumen/klien, bertukar data dalam satu perusahaan menggunakan internet,bertukar data dengan perusahaan lain tetapi hal ini sangat jarang karena hasil audit biasanya di jadikan rahasia perusahaan.kegiatan pemasaran produk melalui internet, menggunakan internet untuk menghire orang, menggunakan internet untuk promosi produk atau jasa, menggunakan internet untuk riset perusahaan juga termasuk e-business karena e-business mencakup segala aspek.

sebagai contoh suatu perusahaan yang berlokasi di gedung yang berlantai 50. karyawan ada di lantai 3 sedangkan direktur ada di lantai 50,sang direktur ingin meminta data penjualan dari karyawan,daripada naik tangga yang belum pasti nyampe apa ngak(pingsan di tengah jalan)atau naik lift lebih cepat jika di kirim lewat email.kegiatan ini disebut e-busniss

referensi:

alasan mengapa e-commerce dan e-business sangat sulit untuk di bedakan dikarenakan jika kita melakukan e-commerce secara tidak langsung kita juga melakukan e-business,karena ada informasi yang di sertakan pada proses jual beli.

Jenis-jenis e-commerce:
ada 3 jenis e-commerce yaitu:
Business to business(B2B)
-yang di maksudkan business to business adalah kegiatan jual beli yang dilakukan dari produsen ke pengecer atau dari pengecer besar ke pengecer kecil.

business to konsumen(B2C)
-yang di maksud business to konsumen adalah menjual barang atau menawarkan jasa kepada konsumen(pengguna barang dan jasa)

consumen to consumen(C2C)
-yang dimaksud dengan konsumen to konsumen adalah konsuman dapat menjual barang kepada konsumen lain dengan bantuan pihak ke tiga seperti e-bay.

catatan : MLM juga termasuk ke dalam kategori konsumen to konsumen karena penjual juga mengunakan barang yang ia jual.

Keuntungan
ada beberapa keuntunggan menggunakan e-commerce dan e-business
  • menghemat biaya untuk menghire karyawan karena tidak menggunakan toko
  • lebih fleksibel(tidak perlu pergi ke toko dan bisa kapan saja)
  • lebih effective dan effisien

0 komentar:

 
© free template by Blogspot tutorial