Rabu, 27 Januari 2010

Masyarakat dan Teknologi Masa Kini

Taukah anda bahwa seiring kemajuan teknologi informasi membawa masalah baru bagi kita?


masalah yang di timbulkan oleh kemajuan teknologi dapat di katergorikan menjadi
  • Masalah kebenaran
  • Masalah keamanan
  • Masalah kualitas Hidup
  • Masalah ekonomi dan politik
Mari kita bahas masalah ini satu persatu,

Masalah Kebenaran
gambar, video, suara sekarang ini dapat di manipulasi. jadi kita sebagai masyarakat yang menerima suatu informasi sebaiknya mencari seluk beluk suatu informasi sebelum mempercayainya.

manipulasi suara
Pada tahun 2004, seniman musik country Anita Cochan merilis lagu duet "(I wanna Hear)a cheating song" dengan Conway yang telah meninggal satu dekade yang lalu.dengan menggunkana software Pro tools pihak produser mengambil potongan2 suara Twitty dari sisa rekaman yang ada.

manipulasi Foto
Pada tahun 2005, para editor news week menerbitakan sampul Marta stewart yang di penjara karena membohongi penyidik federal dengan tubuh orang lain sehingga wanita berumur 63 tahun itu tampak menyedihkan setelah terkurun g selama 5 bulan di penjara.

Pada tahun 1994 seniman majalah time memodifikasi foto dari departemen kepolisian dan mempergelap gambar O.J. simpson yang di tangkap dengan tuduhan pembunuhan sehingga wajah O.J. menunjukkan raut sinis.

Kasus pemanipulasian foto yang memperlihatkan pertemuan pemimpin pasukan Sekutu perang dunia II di Yalta,1945. yang seharusnya hanya ada Stalin, Churchill, dan Roosevelt pada foto aslinya di tambahkan bintang film Sylverster Stallone dan almarhun komedian Grouchi Marx.

manipulasi video dan televisi
Manipulasi gambar digital berpengaruh besar pada pembuatan film. Teknik manipulasi film dapat meghapus hujan dan membuat pesawat digital bahkan bisa menambah dan mengurangi aktor.
masalah yang di timbulkan oleh perkembangan teknologi di bidang manipulasi data adalah pertistiwa aktual sangat mudah di modifikasi sehingga kita sulit membedakan apakan peristiwa tersebut nyata atau tidak. masalah lain adalah pengarsipan film yang biasa di gunakan oleh sejarawan untuk menguak suatu fakta, dengan adanya teknik manipulasi video dan televisi membuat para sejarawan dan pengarsip tak bisa memastikan apakah video tape yang mereka lihat nyata atau tidak.

Masalah keamanan
Masalah keamanan berkaitan langsung dengan kemampuan kerja sistem komputer dan komunikasi.



kesalahan dan kecelakaan
Secara umum, kesalahan dan kecelakaan pada sistem komputer bisa di klasifikasikan sebagai kesalahan manusia, kesalahan prosedural, kesalahan prangkat lunak, masalah yang berhubungan dengan listrik, dan masalah "data kotor".

Kesalahan manusia
Jika di beri pilihan oleh manusia dan komputer mana yang akan anda percayai?
manusia atau komputer?
Pada tahun 2001, seorang pilot Rusia dekat perbatasan Swiss-Jerman mengabaikan perintah komputernya karena ada perintah manusia yang lebih meyakinkan. Akibatnya terjadilah tabrakan pesawat.
berikut ini beberapa tindakan manusia yang dapat mengacaukan pekerjaan sistem

- manusia kerap tidak mampu menilai kebutuhan informasi mereka sendiri:
misalnya banyak pengguna akan mendapatkan sebuah sistem komputer dan sistem informasi yang tidak begitu canggih dan sulit untuk di gunakan.

-Emosi manusia mempengaruhi performa
Pengalaman yang menjengkelkan sudah cukup untuk membuat beberapa orang mengabaikan komputer atau merusak bagian komputer seperti keyboard atau mouse

-Manusia bertindak berdasarkan persepsi mereka yang acap kali tidak mampu mengimbangi laju informasi
Dalam lingkungan informasi modern, persepsi manusia kadang terlalu lambat untuk mengimbangi peralatan. Keputusan yang di pengaruhi oleh informasi yang berlebihan akan menghasilkan kesalahan.

kesalahan prosedural
Pada tahun 1999, mars Climate Orbiter seharga 125 juta dollar memberikan data dalam bentuk pound, bukan dalam gaya newton sehingga pesawat angkasa yang mengorbit terlalu dekat dengan Mars hancur berkeping-keping.Beberapa tahun sebelumnya, Nasdaq, pasar nasional terbesar ke dua. dimatikan selama dua setengah jam.Pada tahun 2001,gagalnya upgrade perangkat lunak menyebabkna bursa saham mati selama satu jam.

Kesalahan perangkat lunak
"software glitches" atau "bug" menyebabkan program tidak bekerja dengan baik. Pada tahun 2001, American Medical Collage Application Service meluncurkan layanan baru berbasis web yang bertujuan agar aplikasi sekolah kesehatan pada 115 sekolah menjadi lebih mudah dan effisien di banding versi lama. Ternyata applikasi yang baru ini memiliki bug yang tidak ada habisnya.Salah satu pelamar, Amit Sachdeva, menghabiskan waktu untuk logging. dia tejaga hingga pukul 2 pagi. Waktu untuk menyelesaikan semua kurang dari 24-36 jam, padahal waktu proses di perkirakan hanya 5-8 jam.

Masalah Elektromekanik
sistem mekanik, seperti printer tidak selalu bekerja dengan baik. Penyebabnya bisa kesalahan konstruksi, kotor, atau terlalu panas,usang, atau rusak karena sebab lain. Daya listrik yang tidak stabil dapat manyebabkan sistem mati. Daya listrik yang besar juga dapat membakar peralatan. Hal-hal diatas disebut masalah elektromekanik. Masalah elektro mekanik merupakan gabungan daripada masalah kecil yang dapat menyebabkan efek yang luar biasa,seperti terbakarnya pesawat ulang-alik Challenger. Pada tahun 1989 dan melelehkan sebuha pabrik bertenaga nuklir, Three Mile Island(TMI). Pada tahun 1979 terjadi peningkatan kecelakaan mobil yang di sebabkan oleh pengemudi yang berbicara melalui handphone.

Masalah "Data Kotor"
ketika kita mengetik sebuah laporan penelitian, tentu kita akan melakukan beberapa kesalaha pengetikan. kesalahan tersebut penyebab "Data Kotor". Data kotor adalah data yang tidak lengkap, kadaluarsa, atau tidak akurat.

Bencana Alam
Bencana alam dapat melumpuhkan keseluruhan sistem komunikasi dan informasi. Hal yang meliputi bencana alam seperti kebakaran, banjir, tornado, badai, badai salju,dan sebagainya. Bencana alam biasanya melumpuhkan semua sistem listrik yang kita gunakan. Tanpa listrik dan komunikasi akan melumpuhkan kegiatan masyarakat.

Kejahatan Komputer
Ada dua jenis kejahatan komputer(1) tindakan melanggar hukum yang dilakukan pada komputer dan telekomunikasi, atau (2) penggunaan komputer atau telekomunikasi untuk tindakan yang melanggar hukum.

Pencurian perangkat keras
Pencurian perangkat keras bisa dimulai dari mencuri mencuri aksesori di sebuah toko komputer hingga mengambil laptop atau ponsel dari mobil seseorang. Kriminal profesional mencuri kargo microprosesor dari dok bongkar muat atau membobol ATM bank yang di alami di bali dan di jakarta baru-baru ini.

Pencurian perangkat lunak
perangkat lunak bajakan adalah perangkat lunak yang diperoleh secara tidak sah.Pembajakan perangkat lunak sering terjadi di Cina, taiwan, Meksiko, India dan di berbagai wilayah Asia dan Amerika Latin. Malah di beberapa negara perangkat lunak mikrokomputer AS telah di salin secara ilegal.

Pencurian Musik dan Film Online
Sebagian dari kita merasa bahwa mendownload film atau musik secara ilegal adalah kejahatan yang tidak memakan korban. Namun, bagi industri hiburan hal itu sama saja dengan pembajakan atau pencurian.

-mencuri musik
Pada tahun 2004 industri rekaman menggunakan undang-undang hak cipta untuk melawan siswa yang telah mendownload lagu secara illegal dari jaringan yang di pakai di perguruan tinggi, beberapa diantaranya dikenai biaya 2000 sampai 10000 dolar dan denda 12000 hingga 17500 dollar. Pada 2005,mahkamah Agung menuntut dua jaringan yang membagi file secara ilegal dan dua hari sesudahnya perusahaan rekaman menuntut 784 orang karena mendistribusikan lagu secara ilegal


-mencuri film
Pada tahun 2005 pemerintah mengumumkan adanya 11 negara yang tergabung dalam organisasi "warez". Sebuah kelompok kerja sama internet bawah tanah yang di bentuk untuk memperdagangkan materi-materi berhak cipta. Empat orang di tangkap karena melanggar undang-undang hak cipta dengan mengoperasikan situs internet yang menawarkan film-film curian, misalnya batman begins

Pencarian waktu dan Layanan
Pencurian waktu komputer lebih sering dari pada yang anda kira. contoh terbesar adalah pegawai yang menggunakan komputer perusahaan untuk bermain game, melakukan belanja online, dan menelusuri web pornografi. Beberapa orang bahkan melakukan bisnis sampingan.
Selama bertahun-tahun "phone phreak" telah merugikan perusahaan telepon. Para pelaku berusaha untuk masuk ke sistem voice mail lalu melakukan eksistensi untuk melakukan panggilan jarak jauh dengan biaya perusahaan. Pembajakan satelit TV juga terjadi meskipun sudah ada alarm, dan perusahaan seperti DirecTV melaporkan sejumlah kerugian yang cukup besar yang mereka alami.

Pencurian informasi
Paris Hilton suatu hari malaporkan Sidekicknya telah di hack dan semua informasi hubungan sosialnya telah di pos di internet. Dalam minggu yang sama, Choicepoint.inc, salah satu penjual dan pembeli bisnis data pribadi , mengumumkan bahwa pelaku kejahatan yang berpura-pura sebagai pembeli sah telah membeli informasi dari 145000 orang

Penipuan di Internet
Di irak tahun 2003, satu hari sesudah patung Saddam Hussain di runtuhkan di kota Baghdad, suvenir perang itu di tawarkan di eBay. Sebuah iklan menampilkan patung pemimpin irak digulingkan dengan ukuran penuh. Daftar kecuranganpun terjadi di eBay selama satu jam.
Penipuan melalui media internet adalah masalah yang tak kunjung selesai. Pada tahun 2004 Federal Trade Commision melaporkan sekitar 53% keluhan konsumen adalah keluhan penipuan. Keluhan yang paling umum pada tahun itu menurut internet Fraud Complaint Center(IFFC) adalah penipuan saat pelelangan(71% dari total keluhan), merchendise atau pembayaran yang tidak dikirim, penipuan kartu kredit, penipuan cek, penipuan investasi, dan pencurian identitas.

Zombie, Botnet, dan blackmail
istilah zombie atau drone adalah sebuah komputer yang sudah di kuasai oleh penyerang secara rahasia dan diprogram untuk merespon instruksi yang di kirim dari jauh, biasanya di gunakan untuk mengirimkan email berbentuk spam.
sedangkan botnet adalah sebuah jaringan yang dibuat untuk menjadi Trojan horse yang menempatkan instruksi dalam setiap PC lalu menunggu perintah dari orang yang menunggu perintah dari orang yang mengontrol jaringan tersebut.

0 komentar:

 
© free template by Blogspot tutorial